BRPI KEMBALIKAN IKAN GURAMI MAJALENGKA KE DAERAH ASALNYA.

Pada tanggal 9 Maret 2022, Balai Riset Pemuliaan Ikan (BRPI) menyerahkan ikan gurami dari populasi Majalengka ke Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan. Bertempat di kantor BRPI, Penyerahan ini dilakukan sebagai bentuk kerjasama dalam rangka pengembalian ikan gurami strain Majalengka terseleksi yang pernah digunakan dalam program riset peningkatan mutu genetik ‘Pembentukan Varietas Unggul Ikan Gurami Tumbuh Cepat’ yang dimulai sejak tahun 2015.

Sebagai tindak lanjut kerjasama yang terjalin dengan baik, Kepala BRPI Dr. Joni Haryadi,  M.Sc secara langsung menyerahkan kepada Kepala BBI Kab. Majalengka Ibu Iin, yang turut disaksikan Sub Koordinator Pelayanan Teknis, serta Peneliti BRPI.

Selain itu, BRPI juga menyerahkan calon induk pembentuk gurami Bima yaitu dari populasi gurami Majalengka Betina dan gurami Jambi Jantan. Nantinya gurami pembentuk ini akan dikembangkan di Kabupaten Majalengka dalam pengembangan kampung ikan gurami. Ikan gurami Bima sendiri telah dirilis Menteri Kelautan dan Perikanan dengan Nomor 56 Tahun 2021 Tentang Pelepasan Ikan Gurami Bima yang salah satunya memiliki keunggulan Tumbuh Cepat. 

Pada kesempatan yang sama, Dr. Joni Haryadi, M.Sc mengungkapkan bahwa pengemabalian ikan gurami Majalengka hasil seleksi ini diharapkan Kabupaten Majalengka dapat menghasilkan induk unggul gurami secara mandiri untuk mendukung kampung ikan gurami di Majalengka. 

Hits: 36

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »