KEPALA BRSDM KP BERIKAN ARAHAN KONSEP SMART FISHERIES VILLAGE (SFV)

13 Juli 2022, Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan Bapak Dr. I Nyoman Radiarta, S.Pi, M.Sc di dampingi Kepala Pusat Penyuluhan Perikanan dan Plt. Pusat Riset Kelautan meninjau sarana dan prasarana di Balai Riset Pemuliaan Ikan.

Kepala BRSDM KP mengajak seluruh pegawai BRPI untuk berdialog terkait kegiatan di BRPI, dalam kesempatan tersebut beliau juga menyampaikan dan beri arahan yakni dalam rangka mendukung salah satu Program Prioritas Menteri Kelautan dan Perikanan yaitu pengembangan kampung perikanan budidaya berbasis kearifan lokal di berbagai lokasi, BRSDM tengah mengembangkan konsep Smart Fisheries Village (SFV) yang mana konsep ini juga dapat diterapkan pada Unit Pelaksana Teknis seperti Balai Riset Pemuliaan Ikan.

‘’Smart Fisheries Village (SFV) merupakan konsep pembangunan desa perikanan dan satuan kerja yang berbasis pada penerapan benih unggul, teknologi informasi komunikasi dan manajemen tepat guna, keberlanjutan, serta meningkatkan ekonomi yang berada di tengah-tengah program kampung perikanan budidaya dan Desa Inovasi/Desa Mitra.

Kepala BRSDM berharap adanya Smart Fisheries Village di lingkup UPT BRSDM dapat menjadi lokasi magang bagi mahasiswa dalam mendorong Sumber Daya Manusia, untuk meningkatkan perekonomian masyarakat maupun kelompok yang menjadi mitra UPT sehingga konsep ini dapat memberikan dampak positif bagi kita semua.

Kepala BRSDM KP juga turut meninjau sarana dan prasarana serta kegiatan di BRPI, mulai dari Hatchery, perkolaman dan juga biota yang dimiliki BRPI. Diawali dengan melihat gedung Plasma Nutfah yang mengoleksi ikan endemik asli Indonesia, dilanjut dengan mengunjungi Hatchery komoditas udang galah GI Macro II, Ikan patin Perkasa, ikan lele Mutiara, ikan gurami Bima, ikan mas Mustika serta yang terakhir Ikan nIla  Srikandi.

Hits: 15

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »